Home > Jalan Jalan > Perpanjangan STNK Motor

Perpanjangan STNK Motor

Tak terasa Honda Supra Fit kami sudah berumur 5 tahun, artinya harus melakukan penggantian STNK dan plat nomer. Tidak seperti perpanjangan STNK sebelumnya yang bisa dilakukan di mobil Samsat Keliling, untuk 5 tahun sekali harus datang ke kantor Samsat Jakarta Pusat yang beralamat di Jl . Gunung Sahari (Depan Hotel Novotel Mangga Dua Square).

Kantor Samsat Jakarta Pusat merupakan gabungan dengan Samsat Jakarta Utara (1 gedung) tapi beda-beda loket, saya baru sekali kesini karena sebelumnya urusan SIM dan Perpanjangan STNK dilakukan di Samsat Daan Mogot. Hal yang menyulitkan bagi orang yang jarang mengurus ginian (iyalah memangnya calo) adalah minimnya informasi.

Proses yang harus dilalui untuk perpanjangan STNK 5 tahunan adalah :

A. Cek Fisik (+/- 1 jam)

  1. Pendaftaran cek fisik, ini hanya menyerahkan STNK Asli ke bagian pendaftaran (tepatnya di gedung belakang dekat masjid).
  2. Kemudian petugas pendaftaran akan menyerahkan formulir Cek Fisik Kendaraan (STNK Asli ditahan sementara di tempat pendaftaran ini).
  3. Cek Fisik ini meliputi gosok nomer rangka dan nomer mesin, sudah ada petugas khusus, gratis sebenarnya, tapi jika Anda ingin memberikan sekedar uang tip silakan saja, pasti diterima dengan senang hati.
  4. Selesai cek fisik, kembalikan formulir yg telah ditempelin hasil gosokan nomer rangka dan nomer mesin ke Loket Pendaftaran Cek Fisik, kemudian Anda akan diberikan dokumen Cek Fisik yang telah disahkan, (STNK Asli dikembalikan), disini bayar Rp. 20.000,- (tidak tahu resmi atau tidak, karena tanpa kuitansi..).

B. Perpanjangan STNK (+/- 1 jam), tempatnya di gedung utama/depan.

  1. Pastikan Anda telah memfotokopi KTP, STNK dan BPKB, namun jika tidak disini juga tersedia jasa foto kopi, hanya saja lumayan Rp. 500,- / lembar.  Jadi utk kebutuhan foto kopi tadi perlu uang Rp. 2000,-
  2. Ambil formulir di Loket 1, trus diisi dengan lengkap dan jelas.
  3. Ambil Antrian (pengambilan antrian sebaiknya setelah mengisi formulir, agar ketika dipanggil kita sudah siap).
  4. Silakan tunggu panggilan dari petugas di Loket 2 untuk menyerahkan formulir yg dilampiri : fc BPKB, fc STNK, fc KTP, BPKB Asli, STNK Asli, KTP Asli serta dokumen Cek Fisik yang telah disahkan.
  5. Tunggu panggilan berikutnya dari Loket 3 untuk mendapatkan notice SKWD, yaitu berupa rincian pembayaran perpanjangan STNK.
  6. Lakukan pembayaran sesuai dengan notice di Loket 7.
  7. Tunggu panggilan untuk penyerahan STNK yang baru.

C. Pengambilan Plat Nomer.

Sebenarnya pengambilan plat nomer secara resmi dilakukan di Loket tempat pengambilan STNK, tapi kalau mau lebih cepat bisa ke gedung belakang, didekat tempat cek fisik, dimana disitu diproduksi plat nomer, tunjukkan kuitansi pembayaran (notice) ke petugas, maka kurang dari 10 menit plat nomer sudah siap, eeiitt.. bayar Rp.5000,-

Jadi biaya total untuk perpanjangan STNK Motor adalah Rp. 250.000,-

Mudah-mudahan sharing ini dapat bermanfaat bagi Anda.. Wasalam.

  1. January 10, 2011 at 02:00

    Insya Allah berguna mas,kalau ane beli motor second,jadi perlu balik nama sepertinya

    • January 14, 2011 at 03:41

      amin,semoga bermanfaat, terima kasih atas kunjungannya.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: