Home > Wirausaha > Promosi Ala Kupat Tahu Bandung

Promosi Ala Kupat Tahu Bandung

Kamis tgl 30 Des 2010 Kupat Tahu Bandung Mang Oman buka cabang di Jl. Kertabumi No. 31 Karawang. Sadar bahwa kami belum banyak dikenal di daerah Karawang maka saya buat promosi dengan beberapa cara.

1. media FB, milis komunitas (TDA, EU)
2. media flyer
3. promo penjualan.

Promosi via FB atau milis cukup buat status atau posting di milis. Ada beberapa orang yang datang karena dapet informasi dari FB/milis diantaranya pak Syamsu Perto, Mas Hamka, Mas Dasril, mbak Yanti dll. Tetapi untuk flyer saya harus bagi2 keliling Karawang dan ini yang saya suka.

Saya cetak flyer 5.000 lembar ditambah informasi promo penjualan 2.000 lembar (Promo gratis es cendol bandung/teh botol untuk setiap pembelian Kupat Tahu Bandung atau Baso mercon atau Mie Ayam).

Karena persiapan belum matang maka saya baru bagi2 brosur Kamis siang. Target pertama perkantoran di sekitar outlet (Bank BRI, BTPN, Adira Finance, Bank BTN, PLN, Klinik Cito..) untuk ngejar sebelum mereka libur akhir tahun. Untuk perkantoran saya bagi2 flyer sambil bawa sample produk biar mereka bisa merasakan langsung produk kami.
Hari pertama terjual sekitar 125 porsi.

Tgl 31 siang saya mulai bagi2 flyer lagi dengan target perumahan penduduk di sekitar outlet (belakang ruko dan seberang ruko). Respon mulai datang dari penduduk yang datang berombongan. Ada pesenan 100 porsi dari Bank BTN.
Hari kedua terjual sekitar 220 porsi.

Tgl 1 Januari 2011 flyer lebih gencar lagi saya bagikan. Saya jalan mulai dari Jl. kertabumi ke arah Jl. Tuparev, keluar masuk gang, keluar di depan RS Banyukarta. Setiap ada kumpulan ibu2 atau anak2 saya samperin sekalian jelasin paket promo (gratis es cendol). Pas ada orang hajatan saya ikut nimbrung di posisi orang mau pulang, jadi setiap tamu keluar kondangan saya bagikan brosur. Brosur dibagi ke setiap pintu rumah, tempat kost, warnet, pasar, rumah sakit, tukang becak, tukang parkir,…

Pulang membagikan brosur sekitar jam 3 sore konsumen sudah mulai berdatangan dan tidak berhenti sampai jam 8 malam, kami berhenti melayani karena sudah kecapaian dan produk sebagian besar sudah habis. Akhirnya jam 8 malam kami tutup dan lampu langsung dimatikan karena masih ada aja yang datang dan menanyakan menu kami.
Hari ketiga terjual sekitar 500 porsi.

Tanggal 2 Januari 2011 kami siapkan lagi bahan lebih banyak dari hari sebelumnya. Namu Tuhan mungkin tahu kami kelelahan sehingga turunnya hujan jam 12 siang sampe sore menyurutkan langkah kami untuk bagi2 brosur. Akhirnya kami istirahat di outlet dan hari keempat terjual sekitar 150 porsi.

Senin dan Selasa hari ini setelah promo selesai omzet rata2 mencapai 100 porsi perhari. Alhamdulillah.

Saya cukup puas dengan yang sudah saya lakukan, sebar brosur sekitar 1.000 lembar, dari pintu ke pintu, menjawab setiap pertanyaan orang, membuat promo gratis, menjelaskan apa itu kupat tahu, mengetahui peta konsumen di sekitar outlet dll…

Bisnis kuliner memang capek, tapi menyenangkan….

Salam kuliner

ato sunarto
http://www.kupattahubandung.com

  1. Ann
    January 16, 2011 at 06:56

    Sukses terus dan semoga tetap bisa menjaga kualitas produk

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

