Home > Seputar Komputer > SMS Gateway Menggunakan Gammu

SMS Gateway Menggunakan Gammu

Anda pasti pernah mengirimkan SMS ke operator, misalnya untuk registrasi Blackberry, ketik Reg BB kirim  SMS ke Nomer 234, atau Anda ingin mengetahui kodepos suatu alamat ketik SMS ke No.  8161 dengan format kodepos {kota}. Maka dalam waktu yang tidak terlalu lama Anda akan mendapat balasan (notifikasi) dari server yang dituju. Inilah salah satu fungsi dari SMS Gateway.

Jika Anda yang memesan barang di sebuah toko online, kemudian tidak berapa lama ada SMS masuk ke Hp Anda “Terima kasih anda telah melakukan pembelian bola di tokobolaonline.com, barang yang Anda pesan akan kami kirimkan segera dalam waktu 1 x 24 jam”.

Tentunya Anda akan merasa diperhatikan dan dilayani dengan baik. Anda yakin telah membeli barang pada penjual yang tepat. Dan Anda yakin bahwa barang yang Anda pesan akan segera diterima. Trust….

Membangun SMS Gateway Sederhana.

Untuk membuat aplikasi SMS Gateway tidak harus dengan biaya besar, bahkan bisa dilakukan hanya dengan modal 1 buah PC/Laptop (kalau mau murah lagi beli yang second..🙂 serta 1 buah modem GSM, saya menggunakan Huawei E156G. Kemudian menggunakan modul SMS Gateway yaitu GAMMU. Saya pilih ini karena gratis.

Gammu bukanlah Aplikasi jadi, tapi dia merupakan sebuah modul yang bisa digabungkan dengan bahasa pemrograman apa saja. Anda suka web based, bisa dengan PHP atau ASP, anda ingin yang windows base (aplikasi desktop), bisa pakai Delphi atau Visual Basic. Bahkan tanpa pemrogramanpun, anda sudah bisa mengirim dan menerima SMS lewat komputer anda, hanya saja tidak ada interfacenya, anda bisa mengaksesnya lewat database administration seperti PhpMyadmin.

Kelebihan Gammu dari tool sms gateway lainnya adalah :

  1. Gammu bisa di jalankan di Windows maupun Linux.
  2. Banyak device yang kompatibel dengan gammu.
  3. Gammu menggunakan database MySql
  4. Baik kabel data USB maupun SERIAL, dapat kompatibel dengan Gammu.

Berikut yang harus disiapkan untuk membuat SMS Gateway menggunakan Gammu :

  1. Gammu for windows, bisa didownload di sini.
  2. Modem GSM, atau HP yang bisa sebagai modem.
  3. Driver HP/Modem.
  4. Apache + MySql (Anda bisa pakai AppServ, Xamp, atau lainnya)

Tahapan installasi, yaitu :

  1. Install/extrak Gammu, secara default gammu akan terinstall pada direktori c:\win32.
  2. Setelah itu install AppServ, dengan begitu telah terinstall satu paket Apache+MySql+PhpMyadmin pada komputer/laptop Anda.
  3. Edit gammurc pada folder win32, isi PORT = COM … (diisi dengan nama COM tempat modem). Kemudian pada bagian Connection = AT115200
  4. Edit file SMSDRC user, password, host (diisi dengan user, password serta host dari database mysql), untuk database diisi dengan smsd.
  5. Buat database baru smsd.
  6. Kemudian import file mysql.sql ke dalam database smsd (Anda dapat menggunakan phpmyadmin atau yang lainnya), hingga terbentuk tabel-tabel : inbox, outbox, sentitem, daemons, gammu, phones.
  7. Melalui dos prompt, masuk ke direktori tempat gammu diinstall (C:\Win32), kemudian ketik : gammu –identify
  8. Jika informasi modem/HP beserta IMEI sudah muncul, berarti modem/HP sudah dikenali oleh gammu, jika belum Anda mungkin perlu menginstall driver modem/HP serta mencocokkan port pada file gammurc di atas.
  9. Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan sms service, yaitu : ketik gammu –smsd MYSQL smsdrc

Minimize window agar service jalan terus. Jika sms service sudah jalan, mulai mengirim SMS ke nomer handphone lain dengan cara insert data ke tabel outbox, jika sudah terkirim, sms akan pindah dari tabel outbox ke tabel sentitems.
Jika anda mengalami kasus karakter yg sampai ke HP berupa karakter aneh, tak usah bingung. Ubah dulu field Coding yg ada di tabel Outbox dan sent items, ubah typenya jadi enum(’Default_No_Compression’).

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Sumber : Ilmukomupter.com, muhadkly.net, beberapa sumber.

  1. Ricky
    April 18, 2011 at 03:46

    Ok mantap banget dan sangat membantu terima kasih banyak kang…..

    • April 18, 2011 at 04:46

      ok sama2, terima kasih atas kunjungannya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: