Home > Seputar Komputer > Recovery Data dengan GetDataBack

Recovery Data dengan GetDataBack

Sudah beberapa lama ga ngeblog rasanya kangen juga pengin nulis-nulis, kali ini aku ingin sharing tentang bagaimana mengembalikan data atau file kita yang terhapus dari komputer, baik secara sengaja mapun tidak sengaja, baik dengan cara format harddisk maupun hapus partisi.

Ceritanya ada customer yang datang ke bengkel kami, komputernya kena virus VIRUT.Q. Ini virus yang sangat jahat dan berbahaya karena mempunyai daya rusak yang tinggi, bahkan berpeluang besar untuk merusak hard disk.

Efek dari virus ini juga cukup mengkhawatirkan, semua aplikasi tidak bisa dijalankan, dan Windows dibuat  tidak berdaya, registry nya rusak, pokoknya sereeemmm dech.

Network Connection blank, so fungsi jaringan (LAN/WiFI) mace, sampai-sampai untuk update antivirus tidak bisa, akibatnya antivirus yang ada tidak bisa membasmi virus ini, tambah sereeemm..

Dan puncaknya virus ini benar-benar beraksi, semua file pada harddisk hilangg???? Waduh bagimana ini? Data di laptop belum dibackup, dan berisi data-data yang sangat penting….

Baiklah, agar tidak berpanjang lebar, efek dari virus Virut.Q akan saya tulis pada threat tersediri, dan sekarang kita akan mulai membahas bagaimana mengembalikan (merecovery) data yang hilang tersebut… go..

Download dan install GetDataBack for NTFS 4.00 or higher.. dan pastikan Anda menggunakan versi license ya..

Lepaskan dulu hardisk yang bermasalah, karena hardisk ini akan kita pasang di komputer lain sebagai slave. (Jika tidak ada PC/Laptop lain, dan Anda enggan pinjam ke teman bisa gunakan CD Boot miniPE).

Selanjutnya gunakan Converter HDD, kemudian colokkan ke port USB maka harddisk akan dikenali sebagai drive (D: E: F: G:).

Jalankan GetDataBack for NTF, klik Next…pilih Default..

Pilih Harddisk dan Partisi yang ingin direcovery… kemudian klik Next..

Proses ini akan memakan waktu yang lama, tergantung ukuran harddisk serta data Anda, jadi pastikan Anda sudah menyiapkan segelas kopi dan makanan ringan….

Setelah selesai akan muncul gambar berikut ini…

Saatnya mencopy data-data yang diinginkan, cari file-file yang diinginkan (misalnya pada direktory dokumen), atau anda juga dapat mengguankan perintah search untuk mendapatkan file-file yang dicari, kemudian copy ke direktory hard disk Anda…

Nah sekarang data-data penting kawan saya sudah kembali dan sudah saya backup, saatnya install ulang komputernya dengan Windows 7, kenapa bukan XP (lagi), karena dengan Windows 7 saya tidak perlu repot-repot lagi menginstall drivers…🙂

Demikian pembahasan saya kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca…

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: