Home > Gadget > iPad 1 versus iPad 2

iPad 1 versus iPad 2

Sobat suryotech, sudah beberapa minggu tidak ngeblog rasanya kangen juga untuk nulis lagi… Kali ini saya ingin sharing untuk sobat tercinta terutama yang sedang “gandrung” untuk memiliki iPad. Tulisan ini merupakan diskusi dan sharing dengan sobat saya di @RestaurANN.

Ayuk langsung kita ke TEKAPE………….

iPad adalah sebuah produk komputer tablet buatan Apple Inc. (AI). iPad memiliki bentuk tampilan yang hampir serupa dengan iPod Touch dan iPhone, hanya saja ukurannya lebih besar dibandingkan kedua produk tersebut dan memiliki fungsi-fungsi tambahan seperti yang ada pada sistem operasi Mac OS X.

Gadget satu ini memang keren banget layak untuk menemani kita berselancar di internet, baik sambil nongrong di longe, cafebahkan ketika bermacet ria di jalanan ibu kota, jangan sambil ngebut loh ya..?? iPad juga memili ketahanan baterai yang cukup memadai, pokok’e top abis buat menemani kita ke mana pun.

Sesuai subyek di atas kali ini saya ingin membahas perbedaan mengenai iPad 1 dan iPad 2 yang baru keluar, semoga bermanfaat ketika Anda memutuskan untuk membeli gadget satu ini. iPad (sama seperti iPhone) selalu keluar dengan kapasitas 16GB, 32GB dan 64GB dan selisih harga antar masing masing beda kapasitan GBnya 1 juta. Dan selalu keluar dengan dua pilihan 3G dan 3G WiFi.

Saranku adalah sebaiknya Anda memilih yang 32 GB atau 64 GB kalau memang senang mengkoleksi video, foto atau musik. Tapi sekedar untuk menginstall aplikasi pilihan yang terbaik adalah yang 32. iPad dengan 3G saja sebenarnya sudah cukup memadai, karena jika tepat memilih operator (jaringan 3G nya bagus) maka akses internet sudah cukup cepat kok..

Kelemahan yang 16GB, kemarin waktu mencoba menginstall aplikasi di iPad 2 belum apa-apa sudah kepenuhan. Maklum aja begitu melihat banyaknya aplikasi gratis di App Store rasanya semua pengen di install. Apalagi aplikasi yang ada di App Store bukan cuma hanya untuk orang dewasa, aplikasi untuk edukasi dan anak-anak juga cukup banyak, dijamin makin bikin gatal.

Dari segi harga. iPad 2 16GB dibandrol 6 – 6,5 juta dan untuk yang 32 dan 64 tinggal tambahin 1 juta.
Kalau yang iPad 1, aku kurang tahu harganya sekarang berapa. iPad ini 64 GB di beli yang second seharga 5 juta. Apalagi untuk saat ini ada kecenderunga beberapa orang (yang latah) cendrung ingin mengganti iPad 1 ke iPad 2 jadi mungkin iPad secon akan lumayan mudah untuk didapat.

Dari segi kondisi iPad second secara umum saat ini masih belum terlalu jelek karena baru keluar sekitar 1 tahun. Jadi kalau ingin membeli iPad second gak perlu terlalu khawatir, meskipun tetap aja harus diperiksa sebelum membelinya.

Ada 2 Perbedaan yang paling nyata antara iPad 1 dan 2.

Pertama iPad 2 sudah dilengkapi dengan kamera 2 sisi untuk video call atau di iPad disebut FaceTime, walaupun mungkin di Indonesia fasilitas ini belum tentu bisa berjalan dengan semourna karena signal 3G dan internet yang masih sering lemot. Sejauh ini sepertinya pemakai iPad 2 lebih sering memakainya untuk foto yang kemudian di upload Instagram (media sosial pemakai iPhone dan iPad)

Perbedaan kedua adalah body. Body iPad 2 lebih ramping dan tipis dan tersedia dalam 2 pilihan warna putih dan hitam. Tapi body iPad 2 yang ramping dan ringan ini ternyata menurutku kurang nyamana untukku, terkesan terlalu ringkih. Di tanganku sepertinya iPad 1 lebih mantap dan nyaman.

Kesimpulan dan saran dari aku buat yang mau beli iPad maka pilihannya jatuh pada iPad 1 baik itu 32GB atau 64GB. Alasan utamanya adalah body iPad 1 yang terlihat lebih kokoh dengan pertimbangan iPad bakal sering dibawa-bawa dan kemungkinan dipakai juga oleh para boncel-boncel.

Pilihan iPad 1 yang masih baru atau second tidak masalah, mungkin juga bisa mencoba mengecek ke beberapa toko atau operator telekomunikasi, siapa tahu mereka melakukan promosi cuci gudang iPad 1 nya. Hal yang pernah dilakukan Telkomsel ketika iPhone 4 baru keluar dan mereka melakukan promosi iPhone 3Gs.

Sekarang kendala dalam mengoperasikan iPad, sebulan memakai iPad kendala terbesarnya adalah tidak ada fasilitas minimize halaman, jadi tidak bisa membuka 2 halaman pada 1 tampilan. Walaupun ketika kita menekan tombol ‘home’ dan membuka halaman yang lain maka halaman sebelumnya akan tetap seperti ketika tinggalkan. Hanya saja kalau terbiasa bekerja dengan laptop atau komputer, diawal-awalnya akan sedikit mengganggu.

Ketidaknyamanan yang kedua, yang baru kemarin aku rasakan adalah ketika kita akan mengisi ulang kartu. Saat ini iPadku memakai paket bulanan XL Unlimited, ketika aku mengisi pulsa 100 ribu untuk memperpanjang paket bulanan maka tidak ada pemberitahuan atau notifikasi yang ditampilakan di iPad. Susahnya lagi, ternyata menjalankan paket bulanan di iPad tidak otomatis meskipun apabila sisa pulsa masih mencukupi (beda dengan Samsung Android yang juga memakai paket yang sama) tetap saja harus dilakukan secara manual lewat handphone. Dan ini yang merepotkan, setiap kali ingin mengisi ulang SIM card di iPad harus dikeluarkan dan dipasang di handphone.

Repotnya lagi, SIM card iPad itu lebih kecil dari kartu hanphone pada umumnya, biasanya SIM card akan dipotong dulu sebelum dipasang di iPad, jadi penting untuk meminta sisa potongan kepada penjaga toko setelah kartunya dipotong, karena nantinya diperlukan saat akan mengisi pulsa.

Ini pengalaman dengan menggunakan operator XL, gak tau juga dengan Telkomsel atau Indosat.

Well, itu sedikit cerita tentang aku dan iPad.

Sedikit tambahan lagi, kalau membandingan kualitas layar iPad/iPhone dengan Samsung Galaxy, menurutku layar produksi Apple masih lebih unggul. Untuk beberapa aplikasi terutama Games, beberapa kali Samsung terlambat merespon bahkan sampai hang beberapa detik, sesuatu yang belum pernah terjadi di Apple sampai saat ini.

Oke sobat,sekian dulu sharing saya, semoga bermanfaat bagi yang sedang merencanakan untuk membeli iPad, eeiitt.. bagi yang ingin menambahkan sharing ini dipersilahkan berkomentar..

Thanks you gan…………

 

Categories: Gadget
  1. pranata
    April 13, 2012 at 15:29

    mohon bisa direply untuk solusinya,
    I pad 1 sy bermasalah,tidak bisa merespon Saat discharge, hanya muncul kata not recharge – meskipun sy sdh memakai charge apple asli.

    sekaligus, tdk bisa connect dng internet connection ….?
    mohon solusinya.
    thanx

  2. cheall
    December 19, 2012 at 11:12

    saya punya ipad 1.. waktu saya main game, tiba-tiba ipad 1 saya mati total, dan tidak mau hidup lagi. sampai saya charger pun tidak masuk.. baik nya di gimanakan ya ipad 1 saya ?? trims~

    • December 19, 2012 at 14:11

      Barang kali baterai habis dan charger nya mati, coba cek dulu karena charger bisa mati mendadak sehingga ga bisa ngecharge.
      Bawa dulu ke toko2 yg jual ipad,biar bisa dicoba dgn charger yg lain (yg masih bagus).
      Kalo ga bisa juga bisa dibawa ke service center.

      +rgds+

  3. agus rianto
    October 21, 2013 at 04:55

    maaf ganggu mau tanya , anak saya punya ipad 1 tampilannya menu besar -2 bagaiamana caranya untuk mengembalikan seperti semula tampilannya

  4. sentor
    January 7, 2014 at 15:04

    Maaf mas minta bantuan untuk iPad 1 kok Fb nggak bisa di instal ya… Cocok untuk iOS 6

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: