Home > Wirausaha > Perjalanan Boot Camp Business Model

Perjalanan Boot Camp Business Model

Pagi ini terasa istimewa, jam 7.30 bagi para “siswa” dari padepokan Alurkria sudah berkumpul di SPBU Petronas Pekayon. Kuliah hari ini memang tidak seperti biasanya, kali ini kami akan memantabkan model bisnis dari setiap peserta dengan boot camp di kawasan puncak, Bogor. Tujuannya agar kami semakin paham dan fokus ke bisnis masing-masing.

Akhirnya jam 8.00 kami berangkat dan alhamdulillah tepat jam 11.00 sudah sampai di Villa Bona Indah, lokasinya ±100m dari pintu masuk Taman Safari Indonesia, lokasinya cukup nyaman dan bersih…

Selepas makan siang dan sholat dzuhur acara dimulai dengan pembukaan dan lanjut dengan mengulas kembali konsep bussiness model oleh ‘eyang’ Kika Syafii. Sebagai contoh kami sepakat untuk membedah model bisnis “enable distro” tor Business Model . Kali ini yang dibedah adalah enable distro milik Pak Fero Ari.

Setelah itu dilanjutkan dengan presentasi business model dari para peserta, dimulai dari saya dengan Kios Barcode, On The Spot Caffee oleh Pak Eko June, lanjut ke Bang Komarudin mempresentasikan agro bisnisnya.

Acara presentasi rehat sejenak untuk istirahat sholat ashar dan menikmati kopi dan makanan ringan, maklum udara puncak terasa dingin banget untuk ukuran orang Bekasi he he ..

Presentasi masih dilajutkan peserta berikutnya dengan paparan dari Pak Zuhri dan Pak Arif masing-masing memaparkan model bisnis Rafa Konveksi dan Baso Tahu Khas Ungaran. Pukul 18.00 acara dihentikan untuk sholat magrib dan makan malam bersama..

Selepas santai dan “bakar-bakar” acara dilanjutkan dengan membahas inovasi bisnis. Seperti biasa acara berlangsung santai dan penuh canda, namun sudah pasti tetap berbobot. Disini dibahas bagaimana membuat inovasi dari model bisnis, agar tercipta nilai tambah (added value) dari produk atau service atau efisiensi (akan saya bahas pada bab berikutnya).

Pagi hari setelah subuh kami berolah raga ringan (berat sih sebenarnya…) yaitu main futsal…. lumayan bisa menghilangkan rasa dingin yang menusuk tulang…..

Selesai sarapan dan mandi, kami melanjutkan diskusi seputar bisnis dan presentasi dari Yusuf Erlangga dengan produk pampers “ekokidy”.

Yang menarik dari dari setiap perkuliahan business model adalah setiap peserta dituntut agar selalu dan segera fokus pada bisnisnya, dan tidak lagi menomor duakan bisnis masing-masing. Sudah barang tentu bagi yang masih nyambi sebagai karyawan (di TDA biasa disebut kodok atau amphibi..) akan merasa “kepanasan”.

Terlebih pada acara boot camp kali ini, hingga akhirnya salah satu peserta benar-benar memutuskan untuk resign dari perusahaan tempat bekerja untuk fokus dengan bisnisnya, Alhamdulillah.. semoga semua berjalan lancar dan makin sukses.

Tepat jam 12.00 kami mengakhiri acara boot camp dan bergerak meninggalkan villa menuju rumah masing-masing.

Ada banyak hal yang didapat dari beberapa jam mengikuti acara boot camp ini, antara semangat dan tantangan begitu menggebu, hari esok yang lebih baik dapat kami raih, semoga.

Salam sukses…

+masyon++

KiosBarcode.com

  1. November 28, 2011 at 16:03

    Semoga inovasinya bisa memperkuat bisnis.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: