Home > Barcode Scanners > Apakah Barcode Itu?

Apakah Barcode Itu?

Barcode adalah suatu kode yang berbentuk sekumpulan garis berbentuk batang (bar) yang memiliki ketebalan yang berbeda. Setiap garis melambangkan angka atau huruf yang telah diatur sedemikian rupa, yang dapat dibaca menggunakan sebuah alat (barcode reader). Kode baris digambarkan dalam bentuk bar dan spasi berwarna hitam tebal dan tipis yang disusun berderet secara horisontal. Untuk membantu pembacaan manual biasanya dicantumkan juga angka-angka atau huruf di bawah kode baris tersebut.

Saat ini Barcode terdiri dari 2 jenis yaitu:  Linear Code (Barcode 1 Dimensi) dan Matrix Code ( Barcode 2 Dimensi). Barcode 1 Demensi bisa kita lihat di produk-produk yang biasa kita gunakan di supermarket atau swalayan. Kita dapat melihat manfaat dari Barcode dapat meningkatkan kecepatan dalam melayanai pelanggan dan meningkatkan akurasi data produk yang di input oleh kasir. Demikian juga untuk identifikasi penumpang di bandara, rumah sakit maupun pergudangan.

Barcode 1 Demensi (Linier barcode) terdiri dari :

  • Code 39 (code 3 of 9), adalah sebuah barcode alphanumeric (Full ASCII) yang memiliki panjang baris yang bervariasi. Implementasi barcode jenis ini adalah untuk inventory, asset tracking dan tanda pengenal identitas.

Contoh Barcode 39

  • Code 128 adalah suatu barcode aplphanumeric (Full ASCII) yang memiliki kerapatan (density) sangat tinggi dan dengan panjang baris yang bervariasi. Penggunaan barcode jenis ini ideal pada sistem shiping and warehouse management (pengaturan maskapai pelayaran dan pengelolaan gudang).

Contoh Barcode 128

  • Interleaved 2 of 5, yaitu sebuah barcode berbentuk numerik dan memiliki panjang baris yang bervariasi. Barcode jenis ini digunakan untuk industri dan laboratorium.

Contoh Barcode Interleave 25

  • UPC (Universal Prouct Code), adalah sebuah barcode numeric dan memiliki panjang baris yang tetap (fixed). UPC banyak digunakan untuk pelabelan pada produk-produk berukuran kecil/ritel.

Contoh Barcode UPC A

Barcode 2 Demensi

Barcode 2 Demensi, lebih canggih dibanding Linear Code karena bisa memuat ratusan digit karakter dan tampilannya pun berbeda dengan Linear Code). Pada Barcode 2 Demensi, informasi/data yang  besar dapat disimpan dalam ruang (space) yang kecil. Contoh Barcode 2 Demensi yaitu PDF417 yang dapat menyimpan lebih dari 2000 karakter dalam sebuah space 4″.

Contoh Barcode PDF 417

Saat barcode 2 Demensi banyak digunakan diperusahaan manufaktur dalam sekala besar. Penggunaan Barcode 2 Demensi lebih efisien karena ukuran label barcode lebih kecil dibanding Barcode Linier namun daya simpannya lebih banyak. Namun harga scanner barcode (barcode reader) 2 Demensi masih terbilang mahal untuk saat ini.

Kios Barcode adalah mitra yang tepat bagi Anda untuk pembuatan label barcode maupun peralatan pendukungnya seperti Scanner Barcode maupun Printer Barcode. Kami dapat mencetak label barcode yang paling sesuai untuk produk Anda baik partai kecil maupun partai besar.

Silakan hubungi marketing kami untuk mendapatkan penjelasan lebih detail tentang produk-produk yang sesuai untuk Anda.

  1. June 2, 2012 at 02:21

    makasih atas penjelasannya mas… saya memang sedang mencari penjelasan barcode ini

    • June 2, 2012 at 03:39

      Sama2 pak, semoga berguna. Thanks sdh berkunjung🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: