Home > Seputar Komputer > Perawatan Notebook Pasca Banjir

Perawatan Notebook Pasca Banjir

Bulan Januari sampai awal Februari ini warga Jakarta, Bekasi, Tangerang bener-bener harus waspada. Betapa tidak hujan lebat yang turun terus menerus telah mengakibatkan banjir di mana-mana. Selain menggenangi beberapa perumahan, banjir tahun ini bahkan beberapa pusat bisnis seperti Mangga Dua dikepung banjir. Akibatnya bisa dipastikan perdagangan elektronik, fashion, komputer, dan lainnya sempat terganggu. Bukan hanya itu, proses pengiriman barang melalui jasa ekspedisi pun sangat terganggu, sehingga pengiriman barang kepada customer Nusa Komputer maupun Kios Barcode pun sempat terlambat. Mohon maaf ya …

Sepanjang pekan ini Nusa Komputer bahkan kebanjiran servisan, baik laptop, komputer, printer, maupun peralatan lainnya. Ada bermacam kasus, dari yang benar-benar terendam air, ketesan air dari atap (bocor), maupum karena udara lembab.

Penanganan laptop yang terkena air harus dilakukan dengan hati-hati, karena air dapat menyebabkan korsleting maupun korosi pada bagian-bagian peralatan. Jangan sekali-kali menyalakan laptop, segera pindahkan laptop ke tempat kering, lalu copot baterai. Lalu bersihkan dan keringkan dengan kain halus, gosok perlahan. Jika memungkinkan gunakan kompresor untuk meniup bagian-bagian yang  yang berpotensi basah, bisa juga menggunakan hair dryer.

Hati-hati terhadap kutup-kutup plus-minus battere (biasanya dari logam berwarna kuning berkilau dibagian bawah/samping bodi battere). Bersihkan bagian ini sampai kering. Jika sudah kering sebaiknya battere jangan dipasang kembali dulu ke Notebook

Jika laptop Anda benar-benar terendam air, sebaikanya pembersihan juga dilakukan pada mainboard dan bagian-bagian penting lainnya, untuk itu Anda perlu membuka casing laptop. Hati-hati proses ini hanya bisa dilakukan untuk Anda yang benar-benar terlatih, jika tidak lebih baik serahkan ke teknisi laptop kepercayaan Anda.

Cuci mainboard dengan menggunakan thinner, pilih thinner yang super agar cepat kering. Thiner digunakan sebagai sebagai pembersih agar mainboard dan komponen yang menempel padanya tidak korosi. Selanjutnya jemur mainboard dibawah sinar matahari, dan letakan dengan berpindah posisi agar cepat kering. Setelah dijemur sampai kering, bisa disemprot dengan kompresor bertekanan tinggi, atau bisa juga dengan pengering rambut (hair-dryer) agar bagian dalam notebook bisa dijangkau. Semprotkan dilubang lainya, seperti speaker, port-connector, power, keyboard, port usb, dll. Hati-hati jika mengguankan Hair-dryer agar tidak merusak komponennya.

Baterai juga dapat dijemur di bawah sinar matahari, tapi sebaiknya dibungkus kain terlebih dahulu. Battere tipe lithium (Li-Ion) sangat sensitiv terhadap lingkungan panas yang dapat membuat struktur kimiawi-nya rusak dan beresiko meledak. Sebaiknya dijemur antara 1 – 3 jam saja. Setelah itu dimasukan kedalam kulkas (tetap dibungkus kain), dan jangan dimasukkan kedalam frezeer. Suhu dingin selama beberapa jam dapat mengembalikan kemampuan battere.

Jika sudah terbiasa dengan hal-hal teknis, kita dapat membuka casing notebook untuk mengeluarkan perangkat utama (seperti Processor, Hard Disk, Motherboard, RAM dsb) agar dapat memastikan semuanya tidak mengalami kerusakan. Aritektur notebook memiliki sistem yang cukup sederhana, terdiri berbagai modul card yang dikoneksikan mengunakan konektor dan kabel. Yang perlu diingat, karena komponen notebook biasanya kecil dan halus, diperlukan perlakuan yang ekstra hati-hati.

Proses ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan Anda jangan buru-buru untuk menyalakan laptop sampai yakin bahwa semua komponen telah benar-benar kering dan terpasang kembali ke tempatnya dengan benar.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

=diambil dari pengalaman pribadi dan dari berbagai sumber….

Categories: Seputar Komputer
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: